Header Ads

Persija Jakarta Masuk Daftar 100 Klub Terbaik di Asia

Persija Jakarta Masuk Daftar 100 Klub Terbaik di Asia  -  Konfederasi Sepakbola Asia atau AFC resmi merilis 100 klub terbaik di benua Asia. Pada jajaran klub terbaik di Asia, Persija Jakarta menjadi klub yang masuk dalam 100 klub tadi. Persija Jakarta menjadi satu-satunya klub dari Liga 1 yang masuk dalam daftar tadi.

Persija Jakarta menurut perhitungan diantara klub lain di Asia, masuk menjadi peringkat ke-83. Persija Jakarta sendiri mengumpulkan total nilai 12,87. Rilis daftar 100 klub terbaik di Asia ini sendiri diumumkan pada tanggal 13 Maret 2019 lalu.


Masuknya Persija Jakarta cukup beralasan. Pada tahun 2018 bisa dibilang menjadi musim terbaik Persija Jakarta selama berlaga di Liga Indonesia. Setelah absen 17 tahun, akhirnya Persija Jakarta kembali meraih gelar juara Liga 1. Selain Itu Persija Jakarta pun menjadi juara di Piala Presiden 2018.

Pada kompetisi di level Asia, Persija Jakarta masuk dalam babak semifinal Piala AFC 2018 lalu. Terbaik dibandingkan dengan klub lain. Persija Jakarta gagal masuk babak final karena kalah dari klub asal Singapura, Home United.

Pada awal tahun 2019 lalu, Persija Jakarta juga bertanding di babak kualifikasi Liga Champions Asia. Klub berjuluk Macan Kemayoran ini sukses melangkah ke babak kedua babak kualifikasi setelah mengalahkan Home United dengan skor 3-1. Sayang pada babak kedua Liga Champions Asia, Persija Jakarta kalah 1-3 dari klub asal Australia, Newcastle Jets.

Terakhir pada babak grup Piala AFC 2019, Persija Jakarta sudah meraih sekali kemenangan dan sekali kemenangan. Pada laga kedua di babak grup,Persija Jakarta berhasil mempermalukan tuan rumah Shan United dengan skor 3-1.

Hanya saja, capaian Persija Jakarta masih kalah dengan klub kawasan Asia Tenggara. Persija Jakarta tertinggal dari klub Malaysia Johor Darul Ta’zim, yang berada di peringkat ke-28, klub Thailand Buriram United yang berada di peringkat ke-31 ataupun klub asal Filipina Ceres Negros yang berada di peringkat ke-32.

Pada level Asia, klub terbaik di berhasil direbut oleh klub asal Cina, Shanghai SIPG menduduki posisi pertama dengan nilai total 99,67. Sementara juara Liga Champions Asia tahun lalu, Kashima Antlers, asal Jepang berada di posisi keenam. Sementara itu, Bali United menempati posisi ke-105. Runner-up Liga 1 tahun 2018 lalu, PSM Makassar menempati posisi ke 140

Tidak ada komentar